Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah di Agen PT. Tauba Zakka Atkia Kabupaten Musi Rawas Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah

Authors

  • Mustofa Mustofa Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Depi Putri Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Elce Purwandari Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Agussalim Agussalim Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/alidaroh.v1i2.456

Keywords:

Management, Service, satisfaction., Manajemen, Pelayanan, kepuasan.

Abstract

This study aims to determine "Management of Hajj and Umrah Services in Increasing Congregational Satisfaction at Agents of PT. Tauba Zakka Atkia, Musi Rawas Regency” Service is the main key in a Hajj and Umrah travel service bureau. Pilgrims satisfaction is the starting point for measuring the success and success of a travel agency agent to be given a good or bad label. The form of service starts from planning, budgeting, implementation and evaluation. The method used is descriptive qualitative. From the results of the study, there is a management of hajj and umrah services at the agent of PT. Tauba Zakka Atkia from services in promotion, registration, rituals and departures as well as the implementation of Hajj and Umrah in Saudi Arabia. Supporting factors that support the service are work motivation, giving rewards, many taklim assemblies, good signal connections, and good infrastructure. The inhibiting factors are the shortage of staff and human resources, unstable dollar exchange rate and inadequate infrastructure.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah di Agen PT. Tauba Zakka Atkia Kabupaten Musi Rawas”. Pelayanan merupakan kunci pokok pada sebuah biro jasa travel haji dan umrah. Kepuasan jamaah menjadi titik awal untuk mengukur keberhasilan dan kesuksesan dari sebuah agen biro travel untuk diberikan label baik atau buruk. Bentuk pelayanan dimulai dari planning, budget, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan adalah diskriptif Kualitatif. Dari hasil penelitian terdapat manajemen pelayanan haji dan umrah di Agen PT. Tauba Zakka Atkia dari pelayanan dalam promosi, pendaftaran, manasik dan pemberangkatan serta pelaksanaan haji dan umrah di Arab Saudi. Faktor pendukung yang menunjang pelayanan adalah Motivasi kerja, pemberian Reward, Banyak majelis Taklim, koneksi signal yang baik, dan infrastruktur yang baik.  Faktor penghambat adalah kekurangan jumlah dan SDM pegawai, kurs dolar yang tidak stabil dan sarana prasarana yang belum cukup.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Mustofa, M., Putri, D., Purwandari, E., & Agussalim, A. (2021). Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah di Agen PT. Tauba Zakka Atkia Kabupaten Musi Rawas Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah, 1(2), 14-23. https://doi.org/10.53888/alidaroh.v1i2.456

Most read articles by the same author(s)