Pengaruh Kualitas Layanan Informasi Jurusan Dakwah Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Tentang Informasi Akademik (Studi Kasus di Jurusan Dakwah FUAD IAIN Bengkulu)

Authors

  • Risma Fatmawat Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia
  • Poppi Damayanti Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia
  • Ihsan Rahmat Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia

Keywords:

service quality, student knowledge level, academic information, : kualitas layanan, tingkat pengetahuan mahasiswa, informasi akademik

Abstract

Students' knowledge of academic information is considered important in order to accelerate the completion of the study period. This study builds a hypothesis that the quality of information services has an influence on the level of student knowledge. The researcher uses a survey method, the indicators of the quality of information services follow the directions of Parasuraman et.al (1988), while the level of knowledge follows Notoadmojho (2003). The research population was the students of the Da'wah Department, FUAD IAIN Bengkulu, a sample of the students of the Da'wah Department, class of 2017-2018. Of the five indicators of service quality and six indicators of the level of knowledge, 63 questionnaires were built. After conducting the validity and reliability tests, only 46 questionnaires met the requirements. The researcher forwarded the questionnaire to 80 students in the da'wah department consisting of students from the KPI, BKI and MD study programs. The questionnaire data was tabulated using Excel 2007 and then continued with data processing using the SPSS 16.0 application. This study found that there is a significant influence between the quality of information services on the level of knowledge of students. This can be proven through a simple linear regression test which shows the Constanta value and Constanta value coefficient (a) of 107,396, while the value of service quality (b) Regression coefficient) is 1.412 which means that the coefficient is positive, so that there is an influence between the Service Quality variables. Information on Da'wah Department on the variable of Student Knowledge Level About Academic Information. The main findings of this study have strengthened previous studies such as: the results of almost all studies with the conclusion that there is a significant positive effect between variable X and variable Y. Finally, this study recommends digging deeper into how to explain how service quality affects the level of knowledge using qualitative method. This study is limited to testing the effect, it is necessary to deepen future studies to examine qualitatively how the explanation of the effect of information service quality on the level of student knowledge.

 

Pengetahuan mahasiswa tentang informasi akademik dinilai penting guna mempercepat penyelesaian masa studi. Penelitian ini membangun hipotesa bahwa kualitas layanan informasi memiliki pengaruh terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa. Peneliti menggunakan metode survei, indikator kualitas layanan informasi mengikuti arahan parasuraman et.al (1988), sedangkan tingkat pengetahuan mengikuti Notoadmojho (2003). Populasi penelitian mahasiswa Jurusan Dakwah FUAD IAIN Bengkulu, sampel mahasiswa Jurusan Dakwah angkatan 2017-2018. Dari lima indikator kualitas layanan dan enam indikator tingkat pengetahuan dibangun 63 butir kuesioner, setelah melakukan uji validitas dan uji reliabilitas hanya 46 kuesioner yang memenuhi syarat. Peneliti meneruskan kuesioner kepada 80 mahasiswa di jurusan dakwah yang terdiri dari mahasiwa program studi KPI, BKI dan MD. Data kuesioner ditabulasi menggunakan exel 2007 kemudian dilanjutkan dengan olah data menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Penelitian ini menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kualitas Layanan Informasi teradap Tingkat pengetahuan Mahasiswa. Ini dapat dibuktikan melalui uji regresi linier sederhana yang menunjukan nilai Constanta dan koefisien nilai Constanta (a) sebesar 107.396, sedangkan nilai kualitas layanan (b) Koefisien regresi) sebesar 1.412 yang dapat diartikan bahwa koefisien tersebut bernilai positif, sehingga ada pengaruh diantara variabel Kualitas Layanan Informasi Jurusan Dakwah terhadap variabel Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Tentang Informasi Akademik. Temuan utama studi ini telah menguatkan studi terdahulu seperti: hasil penelitian yang hampir seluruh penelitian dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara variable X dan variabel Y. Akhirnya, penelitian ini merekomendasikan untuk menggali lebih dalam terkait bagaimana menjelaskan kualitas layanan berpengaruh kepada tingkat pengetahuan menggunakan metode kualitatif. Studi ini terbatas pada uji pengaruh, perlu adanya pendalaman untuk studi masa mendatang untuk menguji secara kualitatif bagaimana penjelasan tentang pengaruh kualitas layanan informasi terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa.

Downloads

Published

2021-09-20

How to Cite

Fatmawat, R., Damayanti, P. ., & Rahmat, I. . (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Informasi Jurusan Dakwah Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Tentang Informasi Akademik (Studi Kasus di Jurusan Dakwah FUAD IAIN Bengkulu). Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah, 1(2), 36-45. Retrieved from http://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/idaroh/article/view/458