PELAKSANAAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Authors

  • Desy Seplyana Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i1.337

Keywords:

Kata Kunci:BimbinganKonseling, LayananPenempatan dan Penyaluran, Penjurusan/Peminatan SMA.

Abstract

Peserta didik akan menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus dari sekolah, permasalahannya adalah diantara peserta didik tidak tahu orientasi karier yang baik yang sesuai dengan bakat dan minat mereka, dari alasan itulah layanan penempatan dan penyaluran diberikan kepada peserta didik dengan tujuan mereka memperoleh tempat yang sesuai untuk mengembangkan diri mereka secara maksimal.Layanan penempatan dan penyaluran adalah layanan bimbingan konseling yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan yang tepat sesuai dengan potensi, bakat dan minat serta kondisi pribadinya. Pada tingkat SMA layanan penempatan dan penyaluran sangat penting dimana  layanan tersebut dilakukan dengan prosedur yang baik dan akan menghantarkan peserta didik untuk penjurusan yang tepat, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pilihan karir yang akan dipilih kelak.Aplikasilayananpenampatan dan penyaluran antara lain penempatan yang tepat didalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang dan kegiatan ekstrakurikuler.

Pelaksanaan layanan penempatan dan penyalurandisudahterlaksanaakantetapibelum optimal, seperti layanan penempatan dan penyaluran siswa dalam kelas, kelompokbelajar, ekstrakulikuler dan penjurusan. Faktorpendukunglayananiniadalahkerjasama yang apikantara guru BK, walikelas dan guru bidangmatapelajaran.

Downloads

Published

2021-08-21

How to Cite

Seplyana, D. (2021). PELAKSANAAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). MUHAFADZAH, 1(1), 12-26. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i1.337