PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PENANGANAN KENAKALAN SISWA DI SMPN 19 REJANG LEBONG

Authors

  • Susila Elawati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Nina Kardina Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Syamsul Rizal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Fadila Fadila Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

DOI:

https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v3i1.574

Keywords:

Student Delinquency, Guidance Service, Kenakalan Siswa, Layanan Bimbingan

Abstract

This study aims to find out about the implementation of counseling guidance services for handling student delinquency at SMPN 19 Rejang Lebong. The research method used by the author is a qualitative method with a descriptive approach, namely by collecting data as it is from a symptom of a phenomenon that existed when the study was carried out. The data and data sources in this study are principals, Guidance and Counseling teachers and class IX (9) students totaling 30 students, through survey techniques. The research instruments used in this study are documentation, interviews and observations. Interviews were conducted with the principal and guidance and counseling teachers and observations were conducted by observing the state of the school environment and the existence of the school. Data analysis techniques are carried out by collecting data, grouping data, analyzing data and interpreting data that will be concluded into research results. The conclusion of this study is that the Analysis of Student Delinquency and Its Implications for Guidance and Counseling Services at SMPN 19 Rejang Lebong in the category is quite good.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan layanan bimbingan konseling terhadap penanganan kenakalan siswa di SMPN 19 Rejang Lebong . Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan data apa adanya dari suatu gejala akan fenomena yang ada ketika penelitian dilakukan. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling dan siswa kelas IX (9) berjumlah 30 siswa, melalui teknik survey. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah dan guru bimbingan dan konseling serta observasi dilakukan dengan mengamati keadaan lingkungan sekolah dan keberadaan sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengelompokkan data, menganalisis data dan menginterprestasikan data yang akan disimpulkan menjadi hasil penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Analisis Kenakalan Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Layanan Bimbingan dan Konseling SMPN 19 Rejang Lebong  dalam katagori cukup baik.  

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Elawati, S., Kardina, N., Rizal, S., & Fadila, F. (2023). PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PENANGANAN KENAKALAN SISWA DI SMPN 19 REJANG LEBONG. MUHAFADZAH, 3(1), 26-36. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v3i1.574