PEMBERDAYAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI TENAGA PENDIDIK PROFESIONAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Reni Marlena Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i1.436

Keywords:

Pemberdayaan, Guru, Dosen, Pendidik, Profesional, Islam.

Abstract

Pendidikan  di  era  reformasi  menghadapi  dua  tuntutan.  Pertama  adalah tuntutan masyarakat  terhadap  mutu  pendidikan  yang  rendah  dan  belum relevan    dengan    perkembangan    masyarakat.    Kedua,    problem    dalam meningkatkan kualitas manusia sebagai sumber daya yang berkualitas dan  profesional. Posisi guru dan dosen merupakan hal yang sangat penting dalam  dunia pendidikan. Selama ini peran guru dan dosen diperlakukan kurang  taat asa dalam arti dinyatakan sebagai sosok yang sangat penting, namun  tanpa disertai kesediaan untuk menghargai mereka sebagaimana mestinya.  Bidang pengajaran merupakan salah satu bagian yang integral dari sistem pendidikan di sekolah maupun di perguruan tinggi yang menjadi tanggung  jawab  guru  dan  dosen.  Mengingat  pentingnya  peranan  tersebut,  berbagai upaya   dilaksanakan   oleh   Lembaga   Pendidikan   Tenaga   Kependidikan (LPTK),  organisasi,  profesi,  departemen  terkait  dan  lembaga  pendidikan

lainnya. Namun kenyataanya di lapangan menunjukkan masih banyak guru  yang hanya sekedar mengajar apa adanya. Banyak guru yang kurang minat bacanya,  kurang  adanya  motivasi  untuk  meningkatkan  kompetensi  untuk  meningkatkan keprofesionalannya. Di samping itu, diklat-diklat, seminar-seminar, dan kegiatan pengembangan profesi guru lainnya terlihat kurang efektif  dalam  meningkatkan  kualitas  pendidikan.  Kondisi  ini  merupakan salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan.

Downloads

Published

2021-08-19

How to Cite

Marlena, R. (2021). PEMBERDAYAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI TENAGA PENDIDIK PROFESIONAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. TAZKIRAH, 3(2), 981-1000. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i1.436