PEMBERDAYAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI TENAGA PENDIDIK PROFESIONAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i1.436Keywords:
Pemberdayaan, Guru, Dosen, Pendidik, Profesional, Islam.Abstract
Pendidikan di era reformasi menghadapi dua tuntutan. Pertama adalah tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan yang rendah dan belum relevan dengan perkembangan masyarakat. Kedua, problem dalam meningkatkan kualitas manusia sebagai sumber daya yang berkualitas dan profesional. Posisi guru dan dosen merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Selama ini peran guru dan dosen diperlakukan kurang taat asa dalam arti dinyatakan sebagai sosok yang sangat penting, namun tanpa disertai kesediaan untuk menghargai mereka sebagaimana mestinya. Bidang pengajaran merupakan salah satu bagian yang integral dari sistem pendidikan di sekolah maupun di perguruan tinggi yang menjadi tanggung jawab guru dan dosen. Mengingat pentingnya peranan tersebut, berbagai upaya dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), organisasi, profesi, departemen terkait dan lembaga pendidikan
lainnya. Namun kenyataanya di lapangan menunjukkan masih banyak guru yang hanya sekedar mengajar apa adanya. Banyak guru yang kurang minat bacanya, kurang adanya motivasi untuk meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan keprofesionalannya. Di samping itu, diklat-diklat, seminar-seminar, dan kegiatan pengembangan profesi guru lainnya terlihat kurang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Reni Marlena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.