PROBLEMATIKA, TANTANGAN DAN LANGKAH PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Authors

  • Baso Syafaruddin Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah Sengkang
  • Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah Sengkang
  • Satriani Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah Sengkang

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i2.462

Keywords:

Problematika, Tantangan, Langkah Pembaharuan, Pendidikan Islam

Abstract

Tulisan ini membahas tentang problematika, tantangan dan langkah pembaharuan pendidikan Islam kontemporer pokok permasalahan dalam tulisan ini; 1) Bagaimana Problematika Pendidikan Islam Kontemporer? 2)Bagaimana Tantangan Pendidikan Islam Kontemporer? 3)Bagaimana langkah Pembaharuan Pendidikan Islam Kontemporer?

Tulisan ini menggambarkan problematika pendidikan Islam kontemporer yang bermuara pada pemisahan antara ilmu pengetahuan dan Agama, sehingga peserta didik akan mengalami degradasi moral dengan mengutamakan keuntungan pribadi. Demikian juga dengan perkembangan era revolusi industry 4.0 yang menjadi dasar perkembangan ilmu pengetahun dan melahirkan krisis spritualitas di tengah peserta didik. Oleh karena itu langkah pembaharuan pendidikan Islam kontemporer meniscayakan kemampuan dalam mengakselerasi antara ilmu pengetahuan dan agama. Perkembahan peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan harus diiringi dengan pemahaman agama yang menjadi dasar pengendali terhadap orientasi paradigma pragmatis dan materialisme serta pengendalian terhadap keberadaan teknologi sebagai media untuk mencapai efektifitas pembelajaran.

Downloads

Published

2021-10-27

How to Cite

Syafaruddin, B., Amiruddin, & Satriani. (2021). PROBLEMATIKA, TANTANGAN DAN LANGKAH PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. TAZKIRAH, 6(2), 1072-1082. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i2.462