Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islam

Authors

  • Muhammad Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Dakwah Wal Irsyad(STAI DDI) Makassar
  • Faridah Faridah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i2.464

Keywords:

Pendidikan, Multikultural, Perspektif Islam

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan multicultural dalam perspektif Islam.Tulisan ini merupakan penelitian perpustakaan, Hasil penelusuran menunjukkan bahwa Pendidikan Multikultural merupakan suatu model Pendidikan yang berbasis keberagaman. Pendidikan multicultural merupakan model pendidikan yang komprehenship untuk mencegah terjadinya konflik, mengajak peserta didik untuk saling menghargai segala bentuk perbedaan di masyarakat, dengan cara menanamkan kesadaran akan kesetaraan, keadilan, kemajemukan, kebangsaan, ras, suku, bahasa, tradisi, penghormatan agama agar tercipta kehidupan yang harmonis dan damai. Pendidikan Multikultural ini sejalan dengan ajaran agama Islam, ditemukan banyak dalil dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang menghargai perbedaan. Hal ini juga telah dipraktekkan oleh Nabi Muhammad saw, para Sahabat Rasul dan tertuang dalam piagam Madinah.

Downloads

Published

2021-10-27

How to Cite

Yusuf, M. ., & Faridah, F. (2021). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islam. TAZKIRAH, 6(2), 1105-1115. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i2.464