PENGARUH AKTUALISASI DIRI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

Authors

  • Ulfah Dina Maryati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum Mukomuko

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i2.466

Keywords:

Self-Actualization, Speaking skill, Aktualisasi Diri, Keterampilan berbicara

Abstract

Speaking is one of some skills that should be taught in learning English. Speaking skill needs some abilities such as vocabularies, pronounciation, and grammar. Therefore many students got difficulties in speaking skill. In learning speaking skill, students need more practice and they need self actualization attitude to relized it. Self – actualization is desire to do in real action. The purpose of this research is to find out the effect of students’ Self-Actualization toward students’ speaking  skill at Grade XI Madrasah Aliyah Miftahul Ulum. This research was quantitative research with correlation analysis. The population of this research was the eleventh grade students of Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Mukomuko which consist of 30 students. The sample of this research was choosen using total sampling (30 students). The reseacher used the speaking test and students’ self-actualization questionnare to collect the data. The data were analyzed by using product moment formula and coefisien ditermination. The result show that students’ self-actualization influenced students’ speaking skill in level percentage 19,98%.

Berbicara adalah salah satu keterampilan yang harus diajarkan di dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Berbicara bahasa Inggris membutuhkan banyak kemampuan seperti kemampuan dalam menguasai kosa kata bahasa Inggris, pelafalan dan tata bahasa. Oleh karena itu, banyak siswa yang mengalami kesulitan berbicara bahasa Inggris. Dalam pemelajaran bahasa Inggris, siswa harus banyak berlatih dan harus ada keinginan yang kuat untuk melakukan. Keinginan yang kuat itu disebut aktualisasi diri. Aktualisasi diri adalah keinginan untuk mewujudkan dalam bentuk tindakan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan penggaruh aktualisasi diri terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI Madrasah Aliyah Miftahul Ulum. Ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Miftahul Ulum dengan jumlah 30 orang. Sampel pada penelitian ini adalah total sampel yaitu 30 siswa. Peneliti menggunakan tes berbicara dan angket aktualisasi diri siswa untuk menggumpulkan data. Data dianalisis menggunakan rumus product moment dan koefisien diterminasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktualisasi diri siswa mempengaruhi keterampilan berbicara siswa pada nilai persentase sebesar 19.98%.

Downloads

Published

2021-10-27

How to Cite

Dina Maryati, U. . (2021). PENGARUH AKTUALISASI DIRI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS . TAZKIRAH, 6(2), 1116-1121. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v1i2.466