PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Dedi Defriansyah SMP Negeri 1 Muara Rupit
  • Hasep Saputra Pascasarjana IAIN Curup
  • Emmi Kholilah Harahap IAIN Curup
  • Desy Seplyana Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v8i2.624

Keywords:

Bimbingan Konseling, Pendidikan Islam

Abstract

Islam merupakan sumber terpenting bagi pembentukan kepribadian seorang muslim yang baik. Berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah, Islam membimbing dan mengarahkan manusia ke jalan yang diridhoi Allah SWT dengan membentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Allah mengutus Nabi untuk membimbing dan mengarahkan manusia di jalan menuju kebaikan sejati dan juga sebagai pembimbing yang sangat mumpuni untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan jiwa manusia agar manusia terhindar dari segala sifat negatif. ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang sholeh”. (HR: Bukhari dalam shahih Bukhari kitab adab, Baihaqi dalam kitab syu'bil Iman dan Hakim). “Nabi SAW. adalah manusia dengan akhlak yang terbaik”. (HR: Muslim dan Abu Dawud). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas penerapan bimbingan konseling dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaann yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan bahan pustaka atau penelitian yang subjek penelitiannya menggunakan berbagai data perpustakaan (Buku, jurnal ilmiah, surat kabar, dan dokumen). Berdasarkan penelitian, pelaksanaan konseling dengan pendekatan Islami membimbing klien pada kebenaran dan mengarahkan hati, pikiran dan hawa nafsu seseorang kepada kepribadian akhlakul karimahi yang terkristalisasi oleh nilai-nilai ajaran Islam

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Defriansyah, D. ., Saputra, H. ., Harahap, E. K., & Seplyana, D. . (2023). PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN ISLAM. TAZKIRAH, 8(2), 81-90. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v8i2.624