PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 01 TEBING TINGGI EMPAT LAWANG

Authors

  • Anita Mahasiswa Program Studi Magister PAI IAI Al-Azhaar Lubuklinggau,
  • AH Mansur Program Studi Magister PAI IAI Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/teknoaulama.v1i2.442

Keywords:

Media Pembelajaran Berbasis Multimedia, Motivasi, Prestasi Belajar PAI siswa.

Abstract

Media Pembelajaran Multimedia merupakan salah satu media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran PAI berbasis multimedia di SMP Negeri 01 Tebing Tinggi Empat Lawang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah : Apakah terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis multimedia terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar PAI pada Siswa kelas VII C SMP Negeri 01 Tebing Tinggi Empat Lawang? Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian sebanyak 31 responden, menggunakan teknik sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk menjaring data X dan data Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang tinggi antara penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar PAI secara bersama-sama pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 01 Tebing Tinggi Empat Lawang. Hal ini terbukti karena r xy lebih besar dari pada r tabel (r product moment) yaitu 0.822, yang mana dengan N = 31 diperoleh nilai r pada taraf interval 95%(5%) sebesar 0,355 dan taraf kepercayaan 99% (1%) sebesar 0,456 sehingga hipotesis dapat diterima kebenarannya

Downloads

Published

2021-08-19

How to Cite

Anita, & Mansur, A. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 01 TEBING TINGGI EMPAT LAWANG. TEKNO AULAMA, 1(2), 103-114. https://doi.org/10.53888/teknoaulama.v1i2.442