PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS X DI MA NEGERI 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU

Authors

  • Desy Seplyana Dosen Tarbiyah IAI Al-Azhaar, Lubuklinggau
  • Dina Ervina Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

Keywords:

Pengaruh, Bimbingan Konseling Berbasis Islam, Akhlakul Karimah.

Abstract

Bimbingan kelompok berbasis Islam dalam pembentukan akhlâkul karimah siswa sangatlah dibutuhkan dalam keseharian siswa, untuk melanjutkan dan mejalankan kehidupan yang lebih efektif lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan kelompok berbasis Islam dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa kelas X MAN 1 Model Lubuklinggau. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan bimbingan kelompok berbasis Islam dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa kelas X MAN 1 Kota Lubuklinggau, Bagaimana bentuk akhlak siswa setelah penerapan bimbingan kelompok berbasis Islam pada siswa kelas X MAN 1 Kota Lubuklinggau, Seberapa besarkah pengaruh bimbingan kelompok berbasis Islam dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa kelas X MAN 1 Kota Lubuklinggau.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis statistik dengan rumus produk Moment atau korelasi sederhana, populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas X, X IPA ( MIPA1, MIPA 2, MIPA 3, dan MIPA 4 ) X IPS ( IPS 1 dan IPS 2 ), sedangkan sampel penelitian di ambil 15% atau 37 Siswa. Pengumpulan data menggunakan instrument angket yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik.

Setelah diadakan analisis statistik menggunakan rumus product moment ternyata pengaruh bimbingan kelompok berbasis  Islam dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa kelas X MAN 1 Kota Lubuklinggau tidak bertanda negatif, artinya antara keduanya memilki korelasi positif. Adapun hasil setelah dikonsuktasikan dengan r tabel ternyata 0,77 berada antara interval 0,61-0,80 artinya tingkat religiusitas memiliki pengaruh yang kuat atau tinggi terhadap sikap pergaulan bebas.

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Seplyana, D., & Ervina, D. (2022). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS X DI MA NEGERI 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU. MUHAFADZAH, 1(2), 111-141. Retrieved from https://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/article/view/431