IMPLEMENTASI TALQIN, TAFAHHUM, TIKRAR, MURAJA’AH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN HADIS

Authors

  • Rahma Rahma Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Haviva Nurhijatina Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zulkipli Lessy Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Method 3T 1M, Motivation to memorize, Hadith, Islamic Elementary Student (MI), Metode 3T 1M, Motivasi Menghafal, Hadis, Siswa MI

Abstract

This study is to explore the implementation of method of the Talqin, Tafahhum, Tikrar, and Muraja'ah (or 3T+method) for grade V students at MI Mathla'ul Anwar which aims to increase their motivation to memorize hadith. The 3T+1M method is one of methods that is easy, effective, and suitable to be adopted by the grade V students with approximately ages 10 to 11 years, at the middle and late childhood period. This study used a qualitative approach with the method of field research. Data were analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the steps of memorizing hadith with the 3T +1M method included: (1) the instructor read aloud the hadith and students listened to, (2) the instructor explained the content of the hadith, (3) the students read repeatedly until they memorized it, (4) students then repeated again the memorization with the instructor together. The contributing factors for the success of learners in memorization are psychology, emotions, and intelligence.

Artikel ini meneliti tentang implementasi metode Talqin, Tafahhum, Tikrar, dan Muraja’ah (atau 3T+1M) pada murid kelas V MI Mathla’ul Anwar yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi menghafal hadis mereka. Metode 3T+1M merupakan salah satu metode yang mudah, efektif, dan sesuai untuk diadopsi oleh murid-murid kelas V dengan rentan usianya 10-11 tahun, yang dikategorikan sebagai masa kanak-kanak pertengahan dan akhir. Metode yang digunakan adalah metode kualititatif dan penelitian lapangan. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah menghafal hadis dengan metode 3T+1M adalah: (1) murid mendengarkan hadis yang dibaca oleh pendidik, (2) pendidik menjelaskan isi kandungan hadis yang dibaca, (3) murid membaca berulang-ulang hingga menghafalnya, (4) murid kemudian mengulang kembali hafalannya bersama pendidik. Faktor-faktor penentu keberhasilan peserta didik dalam menghafal adalah psikologi, emosi, dan intelegensi.

Downloads

Published

2023-11-22

How to Cite

Rahma, R., Nurhijatina, H. ., & Lessy, Z. . (2023). IMPLEMENTASI TALQIN, TAFAHHUM, TIKRAR, MURAJA’AH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN HADIS. MUHAFADZAH, 4(1), 22-27. Retrieved from https://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/article/view/649