BAITUL MAL (Sejarah Perkembangan dan Konteknya ke-Indonesiaan)

Authors

  • Muhammad Saleh Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v3i2.325

Keywords:

Biatul mai (Rumah dana), Baitul tanwil (Rumah usaha).

Abstract

Ada dua permasalahan yang dikaji dalam penulisan makalah ini yaitu: sejarah perkembangan baitul mal dari awal berdirinya sampai istilah baitul mal tidak gunakan walaupun fungsinya tetap berjalan sebagaimana baitul mal dan konteknya di Indonesia. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui sejarah Baitul Mal dan fungsinya serta perannya sampai saat ini.

Baitul Mal merupakan salah satu lembaga ekonomi dan keuangan yang dikenal luas pada masa-masa awal kejayaan Islam, berfungsi sebagai institusi keuangan publik, yang sebagian pengamat ekonomi disejajarkan dengan Bank Sentral saat ini. Pasca pemerintahan Dinasti Abbasiyyah, istilah Baitul Mal sudah hampir tidak ditemukan, walaupun fungsinya tetap berjalan sebagaimana Baitul Mal. Hingga pada tahun 1840 perbankan Islam secara institusional didirikan oleh salah satu pemimpin Turki Usmani.

Walaupun pada awalnya Baitul Mal merupakan lembaga keuangan negara, akan tetapi pada perkembangan saat ini, fungsi asal dari Baitul Mal telah berubah dan tidak dikenal lagi menjadi lembaga negara, melainkan hanya penggerak ekonomi kerakyatan. Dalam makalah ini penulis memberikan gambaran tentang perkembangan Baitul Mal dari masa-kemasa serta gambaran Baitul Mal masa kini dalam kontek Indonesia dengan istilahnya yang lebih baru yakni Baitul Mal wa Tamwil.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Saleh, M. (2021). BAITUL MAL (Sejarah Perkembangan dan Konteknya ke-Indonesiaan). TAZKIRAH, 4(1), 1-23. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v3i2.325