IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA DI KELAS VI SD NEGERI 1 AIR DERAS.
DOI:
https://doi.org/10.53888/tazkirah.v5i2.352Keywords:
Kata Kunci :Hasil Belajar, JigsawAbstract
Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses perumusan pancasiladengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw di kelas VI SD Negeri 1 Air Deras. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Air Deras. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan observasi. Analisis data digunakan analisis persentase dari perubahan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan data penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari 68% pada siklus pertama menjadi 81% pada siklus kedua, yaitu meningkat sebesar 13%, dan peningkatan hasil belajar siswa secara individu terlihat dari rata-rata nilai yang diperoleh dari 71,65 menjadi 78,03 meningkat sebesar 6,38. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Dengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses perumusan pancasila di kelas VI SD Negeri 1 Air Deras Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas tahun pelajaran 2015/2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Nursalim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.