IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA DI KELAS VI SD NEGERI 1 AIR DERAS.

Authors

  • Nursalim Kepala SD Negeri 1 Air Deras.

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v5i2.352

Keywords:

Kata Kunci :Hasil Belajar, Jigsaw

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses perumusan pancasiladengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw di kelas VI SD Negeri 1 Air Deras. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Air Deras. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan observasi. Analisis data digunakan analisis persentase dari perubahan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan data penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari 68% pada siklus pertama menjadi 81% pada siklus kedua, yaitu meningkat sebesar 13%, dan peningkatan hasil belajar siswa secara individu terlihat dari rata-rata nilai yang diperoleh dari 71,65 menjadi 78,03 meningkat sebesar 6,38. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Dengan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses perumusan pancasila di kelas VI SD Negeri 1 Air Deras Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas tahun pelajaran 2015/2016.

Downloads

Published

2021-09-01

How to Cite

Nursalim. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA DI KELAS VI SD NEGERI 1 AIR DERAS. TAZKIRAH, 6(1), 435-451. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v5i2.352