PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRAKTEKKAN SHALAT SISWA KELAS VII A SMP NEGERI CAMPURSARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

Authors

  • Rosyid Guru SMPN Campursari Kecamatan Megang Sakti

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v3i1.377

Keywords:

Hasil belajar, Tutor sebaya

Abstract

Penelitian ini berjudul : Peningkatan Kemampuan Mempraktekkan Shalat Siswa Kelas VII A SMP Negeri Campursari Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Shalatdi kelas Kelas VII A SMPN Campursari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas VII A SMPN Campursari. Waktu penelitian di laksanakan pada Pada Semester gasal tahun pelajaran 2015-2016 dari bulan Agustus sampai Desember 2015.Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti dan teman sejawat yang dilaksanakan dalam dua siklus.Berdasarkan data penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari 63% pada siklus pertama menjadi 93% pada siklus kedua. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Dengan menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas Kelas VII A SMPN Campursari Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas tahun pelajaran 2015/2016.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Rosyid. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRAKTEKKAN SHALAT SISWA KELAS VII A SMP NEGERI CAMPURSARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA. TAZKIRAH, 3(1), 835-850. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v3i1.377