ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 55 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Lia Mardiyanti Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Desty Magriati Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Muhammad Ikrom Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.489

Keywords:

Kesulitan siswa, Matematika, Pecahan, : Student difficulties, Mathematics, Fractions.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan siswa kelas V SD Negeri 55 Lubuklinggau dalam menyelesaikan soal-soal pecahan dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan siswa kelas V SD Negeri 55 Lubuklinggau dalam menyelesaikan soal-soal pecahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil yaitu kelas V SD Negeri 55 Lubuklinggau dengan jumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika yaitu (1) kesulitan fakta, (2) kesulitan konsep, (3) kesulitan prinsip dan (4) kesulitan operasi. Faktor penyebab kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yaitu (1) Faktor intern meliputi: minat, motivasi dan bakat, (2) faktor ekstern meliputi: faktor sarana dan prasarana sekolah.

This study aims to determine the types of difficulties of grade V students of 55 Lubuklinggau public elementary schools in solving fraction questions and to determine the factors that cause difficulties for fifth grade students of SD Negeri 55 Lubuklinggau in solving fraction questions. The research method used in this research is descriptive qualitative method. The research subjects taken were class V 55 Public Elementary School Lubuklinggau with a total of 23 students. Collecting data in this study using observation, interview and documentation techniques. The data analysis technique used in this research is data reduction, and presentation, drawing conclusions. The results showed that the types of difficulties experienced by students in solving math problems were (1) fact difficulties, (2) concept difficulties, (3) principle difficulties and (4) operation difficulties. The factors that cause difficulties in solving math problems are (1) internal factors including: interest, motivation and talent, (2) external factors include: school facilities and infrastructure factors.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Mardiyanti, L. ., Magriati , D. ., & Ikrom, M. (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 55 LUBUKLINGGAU. TAZKIRAH, 7(1), 1-14. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.489