KETERAMPILAN MENULIS HURUF ABJAD MELALUI METODE STORYTELLING PADA ANAK USIA DINI DI PAUD HARAPAN BUNDA DESA NOMAN KECAMATAN RUPIT KABUPATEN MURATARA

Authors

  • Nurhasanah Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau
  • M Khudori Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.494

Keywords:

Keterampilan, menulis, metode storytelling.

Abstract

: Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya keluhan dari orangtua dan para guru yang kurang terampil dalam menulis Abjad diusia PAUD atau TK sedangkan tuntutan orangtua lulus dari PAUD atau TK anak sudah mampu baca, tulis dan hitung. Anak-anak sangat kesulitan dalam menulis beberapa huruf menjadi sebuah kata karena kurang berani dan percayadiri dengan kemampuannya sendiri. Sehingga menimbulkan ketakutan pada anak. Oleh karena itu, perlu adanya suatu metode untuk bisa menumbuhkan rasa percayadiri anak serta menumbuhkan rasa senang karena ketertarikan anak untuk belajar sangat besar. Yakni dengan menggunakan metode storytelling. Agar keterampilan menulis anak semakin berkembang sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keterampilan menulis anak usia dini melalui metode storytelling di PAUD harapan Bunda 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam keterampilan menulis anak usia dini melalui metode storytelling di PAUD Harapan Bunda Desa Noman Kec. Rupit Kab.Muratara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, transferability, dependenbility dan confirmability. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) keterampilan menulis abjad anak usia dini melalui metode storytelling di PAUD Harapan Bunda Desa Noman adalah sangat mempengaruhi minat dan motivasi anak dalam belajar sehingga anak mampu menulis abjad sesuai dengan metode yang diterapkan dan keterampilan menulis merupakan bagian sangat penting dalam pengembangan diri anak, sehingga pendidikan PIAUD harus mengarah anak didiknya mampu menyebut dan menulis huruf-huruf abjad menjadi kata yang bermakna. 2) Faktor pendukung metode storytelling dalam keterampilan menulis abjad adalah melatih daya tangkap, daya pikir dan konsentrasi siswa dalam menerima pembelajaran yang di sampaikan, meningkatkan minat baca anak, melatih anak dalam berkomunikasi di depan umum, mengembangkan aspek efektif, kognitif, dan fsikomotorik anak. Sedangkan faktor penghambat dalam metode storytelling dalam keterampilan menulis abjad adalah kurangnya kerja sama antara guru-guru dengan wali siswa, kurangnya kedisiplinan guru dalam menerapkan metode belajar, pengaruh lingkungan yang sangat besar.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Nurhasanah, & Khudori, M. (2022). KETERAMPILAN MENULIS HURUF ABJAD MELALUI METODE STORYTELLING PADA ANAK USIA DINI DI PAUD HARAPAN BUNDA DESA NOMAN KECAMATAN RUPIT KABUPATEN MURATARA. TAZKIRAH, 7(1), 54-69. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.494